Oleh: pondokquranhadis | April 22, 2010

Wakaf ilmu Al-Quran Hadis pahala mengalir

010Ma28                                                        Tafsir Tematis  Kontemporer

WAKAF ILMU QURAN-HADIS

PAHALA MENGALIR ABADI

l-Quran S/96 Al ‘Alaq 1-5

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ(1)خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ(2)اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ(3)الَّذِي عَلَّمَ  بِالْقَلَمِ(4)عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ(5)(العلق 1-5)

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”(S.96 Al-’Alaq 1-5)

Tema dan sari tilawah

  1. 1. Allah memerintahkan kepada manusia supaya membaca dan membaca
  2. 2. Untuk memulai semua itu harus didahului dengan Basmalah
  3. 3. Allah itu Maha Pencipta dan  menciptakan manusia dari Al-’Alaq
  4. 4. Allah itu Maha Mulia telah mengajar manusia melalui alat tulis
  5. 5. Allah mengajar manusia ilmu yang belum dia ketahuinya.

Masalah dan analisa jawaban

  1. 1. Apa untungnya membaca dan apa ruginya tidak membaca. Jawaban sementara: Membaca menyebabkan mengerti  dan menguasai masalah jika malas membaca mengakibatkan tidak mengerti dan tidak bisa berbuat apa-apa.
  2. 2. Apa sebab membaca itu harus didahului dengan Basamalah? Jawaban sementara: Allah itu memiliki sifat Mutlak Maha dan Maha mengetahui segala sesuatu,maka Allah adalah markas ilmu.
  3. 3. Apa saja ilmu yang belum kita ketahui dan bagaimana usaha kita untuk memiliki ilmu yang belum kita ketahui ini? Jawaban sementara: Sekarang ilmu sudah berkembang terlalu cepat kemajuannya dan kini sudah ditemukan alat yang bisa mengejarnya yaitu lewat internet.

Pendalaman dan penelitian

BAB  SATU

Membaca itu menggali sumber ilmu

Masalah ke-1: Apa untungnya membaca dan apa ruginya tidak membaca. Jawaban sementara: Membaca menyebabkan mengerti  dan menguasai masalah jika malas membaca mengakibatkan tidak mengerti dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Al-Quran S.96 Al-’Alaq 1-5 diatas menyatakan bahwa perintah Allah untuk membaca itu diulang,  dua kali: “Bacalah, Bacalah” maksudnya memebaca dan membaca, maka dapat kita spekulasikan bahwa membaca dan membaca  itu ialah belajar yang sungguh-sungguh dan lebih mendalam lagi ialah berusaha keras untuk memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semaksimal mungkin oleh sebanyak mungkin umat yang beriman. Jika perintah Allah  ini diamalkan dengan sepenuhnya maka Insya Allah umat yang beriman  akan mendapat ridho Allah dalam segala kehidupan dunia akhirat.

Memang Allah melalui Rasul-Nya sangat mendorong kepada Umat Islam untuk  membaca dan membaca dan selalu membaca  serta memeras otak menggunakan akal pemikiran Islami. Wahyu Al-Quran yang pertama kali ialah S.96 Al-’Alaq 1-5 memerintahkan orang  yang beriman  untuk suka membaca dan dorongan ini diulang-ulang sampai 49 kali disebut Al-Quran dalam 28 surat, 31 kali dalam surat-surat yang turun di Makkah, kemudian 18 kali  dalam surat-surat yang turun  di Madinah. Sebagian dari nash ini ialah: S.16 An-Nahl 43, S.13 Ar-Ra’du 18, S.39 az-Zumar 9, S.3 Ali ‘Imran 18, S.58 Al-Mujadalah 11, S.6 Al-An’am 122, S.67 Al-Mulku 22, S.5 Al-Maidah 83, S.2 Al-Baqarah 41-42, S.3 Ali ‘Imran 187, S,5 Al-Maidah 44, S.33 Al-Ahzab 39, S.35 Fathir 19-22.

وَمَا يَسْتَوِي الْأَعْمَى وَالْبَصِيرُ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَلَا الْمُسِيءُ قَلِيلًا مَا تَتَذَكَّرُونَ (غافر58 )

Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat, dan tidaklah (pula sama) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh dengan orang-orang yang durhaka. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran”(S.40 Ghafir 58).

@ Tafsir Ar-Razi (1h333) mencatat bahwa tidurnya orang alim itu ibadah, zikirnya ialah tasbih, nafasnya adalah sedekah, tetesan air matanya merupakan pembunuh nyala api neraka, siapa menghina orang alim sama dengan menghina ilmu, nabi, jibril dan Allah.

Di samping itu Ar-Razi juga menghimpun hadis-hadis Nabi Saw yang mendorong kita semua untuk giat belajar  dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang menukik masalahnya ialah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (1) مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ(2) وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ(3) وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ (4) وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ (5)وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ (6) ومَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ (رواه مسلم  4867)*

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: (1) “Barang siapa melepaskan suatu kesedihan dunia  orang yang beriman maka Allah akan melepaskan kesedihan dari kesedihan-kesedihannya nanti di hari kiamat. (2) Barang siapa mempermudah kesulitan seseorang maka Allah akan member kemudahan kepadanya mengatasi kesulitan dia di dunia dan akhirat. (3) Barang siapa menutupi cacat seorang muslim maka Allah akan menutupi kekurangan dia di dunia dan di akhirat nanti. (4)Allah itu akan menolong hamba-Nya selama hamba ini menolong saudaranya. (5) Barang siapa menempuh jalan dalam menuntut ilmu maka Allah pasti akan memudahkan dia karena itu jalan ke surge. (6)Suatu kelompok yang berhimpun di sebuah rumah dari rumah Allah perlu membaca Al-Quran dan  saling mendalami isinya tidak lain pasti turun kenyamanan penuh rahmat dan para malaikat menunggui mereka bahkan Allah akan mengingat mereka yang ada di dalam acara  itu”(HR Muslim no.4867).

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَشْفَعُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثَلَاثَةٌ الْأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الْعُلَمَاءُ ثُمَّ الشُّهَدَاءُ (رواه ابن ماجه 4304)

“Dari ‘Usman bin ‘Affan bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Akan memberi syafaat di hari kiamat tiga orang: para nabi, para ulama` kemudian para  syuhada`” (HR Ibnu Majah 4304)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ (رواه مسلم 3084)*

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Orang meninggal itu terputus amalnya kecuali 3, yaitu: Sedekah Jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang soleh yang mendo’akannya”(HR Muslim no.3084).

Ulama` lain mencatat  hadis-hadis yang relevan-terkait dengan dorongan untuk memajukan ilmu pengetahuan  dimaksud, yaitu:

@ Tafsir Ad-Durrul Mantsur (6h332) mencatat hadis  berikut:

عَنْ عَمْرَانِ بْنِ حَصِيْنٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوْزَنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِدَادُ الْعُلَمَاءِ َودِمَاءُ الشُّهَدَاءِ فَيُرَجِّحُ ِمَداُد الْعُلَمَاءِ عَلَى دِمَاءِ الشُّهَدَاءِ(أخرجه المرهبي – الدر المنثور6 /ذ 332)

“Dari ‘Imran bin Hashin r.a bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Akan ditimbang di hari kiamat  nanti tinta para ulama akan ditimbang dengan darah syuhadak, maka bobot tinta ulama lebih unggul mengalahkan  darah syuhadak”(HR Al-Marhabi- Ad-Durrul Mantsur 6h332)

@ Kitab Al-Madkhal ilas Sunanil Kubra al-Baihaqi (1h288) mencatat hadis berikut:

كُنْ عَالِمًاً ، أَوْ مُتَعَلِّمًاً ، أَوْ مُسْتَمِعًاً ، أَوْ مُحِبًّاً ، وَلَا تَكُنْ الْخَامِسَ فَتَهْلِكْ (رواه البيهقي-المدخل الي السنن الكبري 1ص288الرازي 1ص333)

“Jadilah anda seorang alim atau orang yang menuntut ilmu atau pendengar atau pencinta  ilmu dan jangan menjadi orang yang ke lima nanti akan binasa”(HR  Al-Baihaqi, Al-Madkhal ilas Sunanil Kubra 1h288, Ar-Razi 1h333). Kitab Multaqa Ahlil Hadits (4h71) menyatakan bahwa hadis ini Mauquf pada Abu Darda` dan jika ada yang meriwayatkan dari Nabi Saw maka nilainya dha’if.

عَنْ أَبِي حَفْصٍ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مَثَلَ الْعُلَمَاءِ فِي الْأَرْضِ كَمَثَلِ النُّجُومِ فِي السَّمَاءِ يُهْتَدَى بِهَا فِي ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ فَإِذَا انْطَمَسَتِ النُّجُومُ أَوْشَكَ أَنْ تَضِلَّ الْهُدَاةُ (رواه احمد 12139)

“Dari Abu Hafsh bahwa Anas bin Malik mengatakan Nabi Saw bersabda: “Ulama` di bumi itu bagaikan  bintang di langit  sehingga mereka diperlukan sinarnya di kegelapan  darat dan  laut. Jika mereka lenyap maka cenderung petunjuk itu menyesatkan”(HR Ahmad no.12139).

عَنْ عَبْدِاللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا (رواه البخاري 98 ومسلم 4842)

“Dari ‘Abdullah bin ‘Amri ibnil ‘Ash bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Sungguh Allah tidak mengambil ilmu dari para hamba, tetapi mencabut ilmu dari tangan ulama`; Lalu ketika orang alim tidak diketemukan maka orang awam mengangkat orang bodoh menjadi pemimpin dan ketika di ditanya dia memberi fatwa tanpa ilmu, sehingga mereka sesat dan menyesatkan(HR Bukhari 98 dan Muslim no.4828).

Secara logika dapat dimengerti bahwa takut kepada Allah itu ialah orang yang mengerti,  maka hanya orang yang mengerti qudrat iradat Allah dialah yang takut kepada Allah. Memang hakikat ilmu sesungguhnya  ilmu itu ialah ilmu yang menyebabkan takut kepada Allah. Allah berfirman:

dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.””(S.20 Thaha 114).

Dapat dicatat bahwa Nabi Musa a.s.tidak segan-segan berguru kepada Nabi Hidhir sebagaimana termaktub dalam Al-Quran S.18 Al-Kahfi 66 itu.  Lebih penting lagi Rasulullah Saw mendorong kaum muslimin untuk belajar dan mengajar khususnya belajar dan mengajar Al-Quran, tercatat  dalam hadis berikut:

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ (رواه البخاري 4640)*

“Dari ‘Usman bin ‘Affan bahwa Nabi Saw bersabda:”Orang yang paling utama dari kalian ialah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya”(HR Bukhari no.4640)

Berkat karena dorongan Allah dalam Al-Quran dan Rasulullah dalam hadis beliau yang demikian banyak maka anjuran ini telah membangkitkan kemajuan berpikir kaum muslimin mulai dari cara menebus diri oleh tawanan perang diwujudkan dengan mengajar tulis baca kaum muslimin sebagai tebusan pembebasan diri dari kedudukannya sebagai tawanan perang.  Semangat belajar membaca dan pengembangan ilmu ini digalakkan makin lama makin cepat  sejalan dengan perkembangan tersebarnya Islam ke seluruh penjuru, kemudian disusul dengan  kemajuan seluruh segi kebudayaan Islam.

Di jaman daulat Ababsiyah telah dilakukan usaha penterjemahan buku-buku bahasa asing terutama buku-buku filsafat Yunani. Gerakan yang dilakukan sejak Khalifah Al-Mansur (775M) itu berimbas merembes kepada perkembangan ilmu pengetahuan umum, terutama dalam bidang astronomi, kedokteran, ilmu kimia, farmasi, biologi, fisika, sejarah, filsafat.

Tercatat dalam sejarah bahwa periode-demi periode lahirlah tokoh-tokoh besar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta ilmu filsafat seperti Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Al-Farabi. Demikian juga bangkitlah berbagai pusat pendidikan dan perpustakaan-perpustakaan besar bermunculah di Cordova, Palermo, Nisyapur, Kairo, Baghdad, Damaskus dan Bukhara. Sebaliknya  pada saat yang sama Eropa masih  tenggelam dalam kegelapan selama beberapa abad.

Pencerahan yang dilakukan oleh para ilmuwan Islam itu tidak hanya menterjemahkan karya-karya Yunani  saja, tetapi  juga mengkaji proses asimilasi sehingga  tergambar betapa  tingginya tingkat gerak ilmuwan muslim yang melahirkan  pemikiran baru yang sangat berbeda  dari pemikiran Yunani.

Prestasi yang gemilang sebagai implikasi  dari gerakan penterjemahan yang dilakukan pada jaman daulat Abasiyah itu sangat jelas terlihat dengan lahirnya para ilmuwan muslim yang  termasyhur kaliber internasional, seperti Al-Biruni ahli fisika dan  kedokteran, Jabir bin Hayyan ahli ilmu kimia, Al-Khawarizmi pakar ilmu matematika, Al-Kindi tokoh ilmu filsafat, Al-Farabi, Al-Farghani, Al-Bitruji ahli-ahli astronomi, Al-Haitami  ahli tehnik dan optik, Ibnu Sina bapak ilmu kedokteran modern, Ibnu Rusyd guru para filosuf Eropa , Ibnu Khaldun ahli sejarah dan sosiologi, Ar-Razi  gruru Ibnu Sina, karyanya  menjadi rujukan dan panduan ilmu kedokteran di seluruh Eropa sampai abad 17 M, Al-Batani ahli astronomi, Al-Ya’qubi ahli ilmu geografi, sejarawan, pengembara, Abdul Wafa’ pakar matematika, geometri, trigonometri, ilmu ukur dan aljabar.

BAB  DUA

Instik religios sudah ada sebelum lahir

Masalah ke-2: Apa sebab membaca itu harus dimulai dengan Basmalah? Jawaban sementara: Allah itu memiliki sifat Mutlak Maha dan Maha Mengetahui segala sesuatu, maka Allah itu adalah markas ilmu sehingga ilmu itu merupakan fadhilah dan barokah dari  Allah.

Allah dalam menciptakan manusia dibekali dengan instink dan akal untuk memelihara dan mengembangkan kehidupannya. Instink ialah kemauan atau dorongan asli bawaan sebelum lahir tanpa belajar  dan tidak diajari oleh siapapun juga, contohnya seperti seorang bayi yang baru lahir  yang matanya belum bisa melihat itu langsung mencari tetek ibunya untuk minum.

Menurut Wimmersma Greidanus seorang pakar ilmu jiwa maka  instink manusia itu ada 4 macam, yaitu: egosentros, polemos, eros dan religios  sebagai terjemah yang paling mudah ialah nafsu-nafsu harta, tahta, wanita (birahi) dan agama.

Kita sebagai hamba Allah yakin bahwa sifat  setiap makhluk pasti saling memiliki kelebihan mengalahkan yang lain, walaupun di satu sisi  mempunyai kekurangan dikalahkan oleh yang lain. Yang perlu kita perhatikan ialah bahwa setiap sesuatu yang mempunyai kelebihan maka di tempat atau di waktu yang lain pasti ada yang mengalahkan. Lalu yang kedua ini pasti ada yang ke-3 yang mengalahkan kelebihan milik no.2. kemudian yang ke-3 ini pasti ada  yang ke-4 yang mengalahkan yang ke-3 tadi, selanjutnya yang ke-4 ada yang ke-5 yang mengalahkan no. ke-4……demikian ini akan bersaing terus menerus tidah ada hentinya. Tetapi ada yang terakhir yang  tidak mungkin dapat dikalahkan oleh seluruh materi, maka yang tidak terkalahkan ini kata filosuf namanya Tuhan dan menurut orang Islam namanya Allah.

Dalam keyakinan Islam Allah itu mempunyai 20 sifat dan 99 nama yaitu Asamaul Husna yang Mutlak Maha tidak ada apapun yang mengalahkan Allah dalam 20 sifat dan 99 nama ini. Allah berfirman:

نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ وَفَوْقَ كُلِّ ذِي عِلْمٍ عَلِيمٌ (بوسف 76)

” Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki: dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui”*S.12 Yusuf 76)

Ahli pikir lain  menyatakan bahwa apa yang ada di hadapan manusia ini merupakan rangkaian sebab akibat atau asa usul. Misalnya anak dari bapak, bapak dari kakek, dari datuk, dari embah buyut, mbah canggah, wareng dan seterusnya berasal dari Nabi Adam, Adam dari tanah, tanah dari bumi. Bumi dari satu titik (gotri) singularitas Big Bang, akhirnya asal segala sesuatu dari Zat Mutlak,  menurut Islam berasal dari Allah.

Masih ada ahli pikir lagi menyatakan bahwa jagad raya ini sudah berumur 19 milyar tahun, seluruh bagaian dari isi jagad  raya  ini dari yang terkecil sampai yang terbesar, seluruhnya  menunaikan tugas dan fungsinya masing-masing  dengan disiplin ketat, tepat, jeli, teliti, permanen, tidak terlambat, tidak terlalu cepat, tetapi sangat persis sekali dengan porsinya angka-angka gerak, kecepatan, tempat, garis edar, rel-jalurnya, waktu, volume, hukum-hukum kimiawi,  tiap jenis masing-masing angka perbandingan, mulai dari electron, proton, neutron,  atom, molekul, jaringan, benda, materi, sampai yang terbesar, planet, galaksi, Andrmeda, Bimasakti  seluruhnya tunduk taat menepati  angka ukuran miliknya sendiri-sendiri.  Singkatnya ada kesan dan kesimpulan bahwa dibalik seluruh alam makhluk semesta ini pasti ada arsitek, dalang, perencana, pencipta, pemelihara, pengawas, penguasa menyeluruh, total, global alam semesta ini.

Bagi kita umat Islam dalang dan arsitek seluruh makhluk ini ialah Allah yang serba mutlak Maha dalam seluruh segi dan sifatnya, bukan Tritunggal, tidak Trimurti atau Dwitunggal tetapi Satu, Esa,  Mutlak,  Maha.

Maka oleh karena itulah kita semua dalam menghadapi segala sesuatu wajib menyandarkan diri kepada Allah dan setiap memulai suatu acara apa saja harus mengucapkan Basmalah:

“Dengan nama Allah yang Maha Pemurah Maha Penyayang”

Rasulullah Saw bersabda dalam hadis beliau yang dikutip oleh para ulama tafsir sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لَا يُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ (الرازى 1 / 167 البيضاوي1 / 13)

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Semua acara penting yang tidak dimulai dengan Basmalah maka dia itu buntung terputus”(HR Ar-Razi 1/167 dan Al-Baidhawi 1/13).

Al-Qurthubi dan Ibnu Katsir meriwayatkan hadis yang semakna dan juga kitab Multaqa Ahlil Hadits (48/378) mencatat bahwa hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Al-Baihaqi yang dinilai shahih oleh Ibnu Hibban. Hadis itu sangat identik dengan hadis berikut:

8355 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فَهُوَ أَبْتَرُ أَوْ قَالَ أَقْطَعُ (رواه احمد 8355 وابو داود 4200)*

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Semua ucapan atau perkara yang penting yang tidak dibuka dengan menyebut Allah ‘Azza wa Jalla  maka dia terpotong atau terputus”(HR Ahmad no.8355 dan Abu Dawud no.4200).Artinya terputus dari rahmat Allah.

BAB  TIGA

Wakaf Ilmu Al-Quran&hadis itu menabung pahala

Masalah ke-3: Apa saja ilmu yang belum kita ketahui  dan bagaimana usaha kita  untuk memiliki ilmu yang belum kita ketahui ini? Jawaban sementara: Sekarang ini ilmu sudah berkembang  terlalu cepat kemajuannya dan kini sudah diketemukan alat yang dapat untuk mengejarnya yaitu INTERNET.

Internet itu adalah gudang yang menghimpun catatan data dan fakta  ilmu manusia seluruh dunia yang dengan  suatu peralatan elektronik catatan itu sewaktu-waktu dapat  diambil  salinannya (di-copy) oleh semua orang di seluruh jagad  sedangkan aslinya  tetap masih utuh tetap tidak berubah. Selamjutnya siapapun juga dapat memasukkan tulisan atau gambar untuk disimpan di internet itu.

Oleh karena  itu kita kaum muslimin mendapat kesempatan seluas-luasnya  untuk memasukkan data dan fakta catatan ilmu agama Islam kedalam sistem internet ini; Kemudian orang seluruh dunia akan membuka situs-internet yang isinya ialah catatan ilmu c.q.Al-Quran dan hadis kita ini. Jika dalam memasukkan catatan ini  kita niatkan sebagai wakaf maka Insya Allah kita akan mendapat pahala, jika catatan di internet ini awetnya terlalu lama atau kekal abadi maka wakaf kita ini sangat mirip dengan dengan wakaf tanah yang umurnya terlalu lama, kekal abadi. Menabung pahala sampai bermilyar-milyar tahun yang akan datang sesudah kita meninggalkan dunia ini.

@ Hukum Wakaf

Dasar hukum wakaf ialah hadis ‘Umar sebagai berikut:

أَنْ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ أَصَابَ أَرْضًا بِخَيْبَرَ فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَأْمِرُهُ فِيهَا فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَصَبْتُ أَرْضًا بِخَيْبَرَ لَمْ أُصِبْ مَالًا قَطُّ أَنْفَسَ عِنْدِي مِنْهُ فَمَا تَأْمُرُ بِهِ قَالَ إِنْ شِئْتَ حَبَسْتَ أَصْلَهَا وَتَصَدَّقْتَ بِهَا قَالَ فَتَصَدَّقَ بِهَا عُمَرُ أَنَّهُ لَا يُبَاعُ وَلَا يُوهَبُ وَلَا يُورَثُ وَتَصَدَّقَ بِهَا فِي الْفُقَرَاءِ وَفِي الْقُرْبَى وَفِي الرِّقَابِ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَالضَّيْفِ لَا جُنَاحَ عَلَى مَنْ وَلِيَهَا أَنْ يَأْكُلَ مِنْهَا بِالْمَعْرُوفِ وَيُطْعِمَ غَيْرَ مُتَمَوِّلٍ (رواه البخاري 2532 ومسلم 3085)*

“Bahwa ‘Umar ibnul Khaththab menghadapi masalah tanah di Khaibar lalu menghadap kepada Nabi Saw mempertanyakan hal itu katanya: “Ya Rasulullah aku mendapatkan tanah di Khaibar tidak ada harta lain yang lebih berharga dari tanah itu, maka apa yang harus aku kerjakan? Beliau bersabda: “Jika kalian suka tahanlah tanahnya lalu sedekahkan hasilnya”

Kemudian ‘Umar menyedekahkan hasilnya, tanah itu tidak dijual, tidak dihibahkan, tidak diwariskan, tetapi hasilnya disedekahkan kepada para fakir miskin, kerabat dekat, budak,  Sabilillah, Ibnu Sabil dan tamu. Tidak mengapalah orang yang mengelolanya untuk makan mengambil hasil  dari tanah itu secara baik-baik, memberi  makan tanpa ingin memilikinya”(HR Bukhari no.2532 dan Muslim no.3085).

Kitab Tafsir Sa’id bin Manshur (3h934) mencatat hadis:

عن ابن مسعود قال لما نزلت ^ من ذا الذي يقرض الله قرضا حسنا ^ قال ابو الدحداح يا رسول الله ان الله يريد منا القرض قال نعم يا ابا الدحداح قال ارني يدك فناوله يده قال فاني قد اقرضت ربي حائطي وفي حائطه ستمائة نخلة ثم جاء الى الحائط فقال يا ام الدحداح وهي في الحائط فقالت لبيك فقال اخرجي فقد اقرضته ربي عز وجل (رواه سعيد منصور 3ص934)

“Dari Ibnu Mas’ud dia mengatakan bahwa ketika turun Al-Quran S.2 Al-Baqarah 245 (Siapa orang yang suka memberi pinjaman kepada Allah maka akan dikembalikan Allah berlipat ganda) lalu Abud Dahdah bertanya: “Ya Rasulullah apakah Allah meminta pinjaman kepada kita? Beliau bersabda: “Betul wahai Abud Dahdah” Lalu Abud Dahdah berkata: “Mana tangan tuan”  Maka beliau menengadahkan tangan beliau. Kemudian Abud Dahdah berkata: “Sungguh aku telah meminjamkan kebunku kepada Tuhanku, dalam kebun itu ada 600 pohon kurma” Selanjutnya Abud Dahdah mendatangi ibunya yang ada di dalam kebun itu”Bagaimna ibu? Maka ibunya mengiyakannya” Karena itu Abud Dahdah berkata kepada ibunya: “Keluarlah, sungguh aku sudah meminjamkan kebun ini kepada Tuhanku ‘Azza  wa Jalla”( HR Sa’id bin Manshur 3h934)

Kitab Mausu’atul Buhuts wal Maqal al’Ilmiyyah (3h934)  dalam membahas Qs2a245 juga mencatat hadis ini merujuk kepada sumber Ibnu Abi Hatim.

Selanjutnya Az-Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami (10h293) mencatat bahwa Waqaf itu suatu amalan sunat yang terpuji dengan niat memenuhi firman Allah dalam Al-Quran S.3 Ali ‘Imran92 dan S.2 Al-Baqarah 267 dan hadis Nabi Saw dalam Bukhari no.2532- dan hadis Muslim no.3085 tentang dalil Wakaf tersebut di atas  serta hadis Muslim  berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ (رواه مسلم 3084)*

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Orang meninggal itu terputus amalnya kecuali 3 amal, yaitu: Sedekah Jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang soleh yang mendo’akannya”(HR Muslim no.3084).

Az-Zuhaili (10h320) mencatat lagi bahwa Waqaf itu bisa juga berwujud suatu sarana yang sangat diperlukan oleh masyarakat misalnya seperti kitab, peralatan kematian, sarana prasaran pengairan dan kebutuhan social kemasrakatan lainnya. Dan salah satu syarat wakaf ialah sifat awet atau panjangnya waktu sebagai sumber manfaat, artinya bukan barang yang konsumtip cepat habis.

Akseleresasi digitalisasi Ilmu Ke-Islaman

@Sejarah&perkembangan Internet

~Th. 1969 benih atau modal awal Internet ditemukan ketika Deph Amerika mengadakan riset tentang cara menghubungkan komputer dan membentuk jaringan organik. Riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

~Th. 1970 ada  sebanyak  10 komputer berhasil dihubungkan dan saling berkomunikasi.

~Th 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail lalu  icon @ menunjukkan “at” atau “pada”.

~Th 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London menjadi anggota jaringan Arpanet.

~Th1973 itu konsep Vinton Cerf dan Bob Kahn menjadi cikal bakal pemikiran internet.

~Tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

~1977 lebih dari 100 komputer dengan ARPANET membentuk jaringan network.

~Th. 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan USENET.

~Th 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama  sehingga orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

~Th.1982 Di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet yang didominasi oleh Negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.

~Th 1984 timbul sistem Domain Name System dengan jaringan lebih dari 1000 komputer.

~Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan elonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

~1989 kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer berhasil  membentuk sebuah jaringan.

~Th 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lain, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

~Th 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta computer; dan muncul istilah surfing the internet.

~Th 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 halaman alamat dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah.

~Th 1994  Internet dalam usai hamper 40 tahun maka  huruf-huruf Kanji, Arab, Russia, Yunani, Hindis dan Ibrani mulai digunakan sebagai sistem internet, sehingga penggunaan int.ernet sudah tidak dapat dibatasi lagi, maka  tidak kurang dari 40 bahasa sudah masuk program internet bahkan model ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam program mencakup   terjemah dari masing-masing 40 bahasa ke 40 macam bahasa yang diperlukan.

~Th 1995 beberapa BBS, Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

@   Yang sangat membesarkan hati kita sekarang  ialah bahwa bahasa Arab sudah masuk memenuhi jaringan internet internasional. Dengan masuknya bahasa Arab maka otomatis  seluruh cabang disiplin ilmu ke-Islaman juga sudah masuk kedalam sistem internet sehingga kita semua-pun juga dengan jalan yang sangat mudah, efisien dan  efektif dapat menikmati seluruh wacana perpustakaan wacana ke-Islaman yang disiarkan lewat internet. Disamping itu semua orang dengan mudah dapat membuka blog atau berbagai macam layanan oleh internet, sekaligus menikmat suguhannya.

Catatan

Semua orang yang beriman pasti yakin  kepada datangnya hari Kiamat, salah satu nama hari kiamat ialah Yaumul Hisab, yaitu berlangsungnya perhitungan amal soleh ditimbang dengan perbuatan maksiat yaitu perbandingan antara akhlak yang baik dengan perbuatan yang buruk, antara ridho Allah dengan murka Allah terhadap  sejarah  hidup kita.

* Dalam Al-Quran S.101 Al-Qari’ah 6-11 Allah menegaskan bahwa barang  siapa yang amal solehnya lebih banyak dia akan masuk surga, siapa yang sedikit amal solehnya  dia akan masuk neraka.

*  Dalam S.7 Al-A’raf 46 Allah berfirman bahwa kelak di hari Kiamat itu  ada kelompok Ashabul A’raf yang menurut Ibnu Katsir (3h419) Ashabul A’raf itu ialah orang yang amal solehnya sama berat dengan perbuatan buruknya. Mereka tidak masuk surga tidak masuk neraka, ketika melihat penghuni neraka  bersenang hati  waktu melihat penghuni surga sedih sekali dan sangat iri ingin masuk tetapi tidak bisa.

*  Al-Quran S.99 Az-Zalzalah 7-8 Allah berfirman bahwa barang siapa yang mempunyai amal soleh walaupun sebesar dzarrah (biji sawi) dia akan melihat pahalanya dan sebaliknya barang siapa yang berbuat maksiat dia akan menderita akibatnya.  Hadis Shahih Bukhari no.1324 mencatat bahwa Rasulullah Saw menekankan kepada kita supaya benar-benar bersedia menyelematkan diri dari azab neraka walaupun hanya dengan secuwil kurma dan jika sungguh-sungguh tidak nenpunyai apa-apa sama sekali hendaklah beramal dengan “Kalimah Thayyinbah” (Dalam makalah ini mengirim tulisan tentang Al-Quran dan hadis ke situs pondokquranhadis.wordpress.com ). Dan dapat direnungkan lagi hadis shahih Bukhari no.21 yang mencatat bahwa orang-orang yang ada di dalam neraka yang mempunyai amal soleh atau iman walaupun hanya sebesar dzarrah (sebesar biji bayam?) kelak akan mendapat rahmat Allah akan diangkat dari neraka lalu dimandikan dari gosongnya badann  yang sangat hitam setelah dipercantik lalu dinaikkan ke surga.

Himbauan

Kami  sungguh sangat  mengharapkan kepada seluruh umat yang beriman untuk ikut bersama-sama menabung pahala akhirat beramal soleh melalui situs  pondohquranhadis.wordpress.com  dengan mengirimkan tulisan yang terkait dengan Al-Quran dan hadis  dikirimkan kepada situs tersebut lewat Email pondokilmu7@gmail.com

Sungguh  sangat beruntunglah jika seandainya kita sempat merenungkan kembali nilai-nilai Al-Quran dan hadis yang sangat ideal itu untuk kita sebar luaskan ke semua hamba Allah di wilayah kita, local, regional, internasional dunia indrawi bahkan sampai ke-alam maya Internet.

pondokquranhadis.wordpress.com adalah situs dalam internet sebagai wadah dan sarana gerakan beribadah dengan beramal soleh serta amal Jariyah menabung pahala akhirat, menabung wakaf dalam bentuk tulisan yang terkait dengan Al-Quran dan Hadis yang akan mengalirkan pahala terus-menerus kepada penabung  Insya Allah kekal abadi.

~ Pondok adalah pusat studi Ilmu ke-Islaman, maka dengan nama Pondok diharapkan situs ini menjadi markaz para santri dan ustadz untuk mengaji mungkin sekaligus dapat juga menjadi ustadz dengan mewakafkan tulisan yang dapat dimanfaatkan oleh santri lain memyerap ilmu melalui perangkat HP, Komputer, media elektronis INTERNET yang dapat dilaksanakan dimana saja, di dalam kendaraan, dikebun, di ladang, di kamar, di padang pasir di sela-sela keramaian kota besar, di darat, di laut.  Mengaji dan melakukan kajian khususnya Al-Quran dan Hadis melalui internet, mencakup gerakan dari mengaji dan mengkaji, membaca Quran-Hadis, menulis, menukil, mencari makna,  memilih taktik strategi atau metodik-dedaktik,  menghayati, merenungkan, mengamalkan, memperdalam dan menggali manfaat yang sebesar-besarnya risalah Al-Quran dan Hadis melalui situs yang dinamakan dengan pondokquranhadis.wordpress.com

~ Istilah  Quran-Hadis sudah kita maklumi bahwa kedua kitab ini sudah melewati proses ribuan tahun dan berlangsung universal yang bobot nilainya tidak ada  wacana yang dapat mengalahkan Quran, sejak tg.17 Ramadhan 13 tahun Sebelum Hijrah=20 Agustus 610 M sampai sekarang dan yang akan datang. Quran-Hadis merupakan sumber daya Revolusi amar ma’ruf nahi munkar mencari yang terbaik melawan yang terjelek, mencari kebahagiaan abadi melawan derita kesengsaraan umat manusia.

Al-Quran dan hadis merupakan asas landasan seluruh madzhab, aliran apa saja dalam Islam, Al-Quran dan hadis bukan monopoli salah satu bagian masyarakat Islam, Al-Quran dan hadis adalah milik seluruh umat.

~ WordPress adalah salah satu metode mencari channel atau canthelan situs ini dengan dunia maya internet. Internet adalah suatu tehnik membuat gudang yang dapat menghimpun seluruh  ilmu manusia sejagad menuju nilai-nilau universal bagi seluruh umat manusia, dimana saja dan kapanpun juga melalui internet.

~ Dengan internet manusia dapat menyumbang sekaligus mencari wacana sumber ilmu apa saja buatan manusia di seantero jagad raya ini.

~ Maka dengan  situs pondokquranhadis.wordpress.com siapa saja, di manapun juga dan selama-lamanya dengan situs ini kita dapat menabung pahala, mewakafkan tulisan tentang Quran-Hadis sekaligus dapat membaca, mengambil, menyalin, meng-copy, ngeprint, memperbanyak, menyebarkan dan berbuat amal soleh amar ma’ruf nahi munkar (melalui computer-laptop), dimana saja dan bebas memilih waktu yang diinginkan siang, malam, pagi, sore; sangat praktis, fleksibel, effisien, efeketif, hemat tenaga, hemat tempat dan ongkos. Tulisan atau gambar diketik dibuat dikirimkan melalui Email:       pondokilmu7@gmail.com Inilah santri mungkin juga sekaligus ustadz dari pondokquranhadis.wordpress.com.

@Cara mengirim wakaf ke situs ini

  1. Bahan atau materi yang dikirim, ialah seluruh ilmu yang relevan-terkait dengan Al-Quran dan hadis, mulai dari tulisan/kaligrafi ayat Al-Quran, matan hadis, do’a dalam Al-Quran dan dalam hadis, terjemah, tafsir Al-Quran, syarah hadis, Ilmu Tafsir, Ilmu Musthalahul Hadits, komentar, analisa ilmiah dan apa saja yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul akan mendapat pahala untuk menjadi tabungan akhirat.
  2. Setiap tulisan atau gambar yang dikirim dimohon ditulis nama yang mewakafkan nama pribadi yang akan dicatat oleh malaikat jangan sampai nama palsu atau pinjaman.
  3. Tulisan atau gambar yang dikirim diikhtiarkan tulisan atau gambar yang membawa manfaat kepada orang lain bahkan yang kita yakini bahwa Allah akan memberi  pahala balasan dari tulisan yang kita kirim itu kepada yang mewakafkan.
  4. Tulisan/gambar akan   diterima redaktur lalu dimasukkan ke internet melalui situs kita atas nama pewakaf sebagai hak mutlak pewakaf tidak bisa dijual belikan atau dilengserkan.
  5. Tulisan/gambar  diusahakan berupa karya  ilmiah asli dari penulis sendiri.
  6. Tulisan/gambar dapat juga mengutip karya ilmiah orang lain dengan mencantumkan nama pemilik hak cipta asli lalu ditulis lagi nama pengirim (nama pewakaf). Moga-moga penulis aslipun juga mendapat pahala yang mengalir abadi.
  7. Bagi yang tidak mempunyai kesempatan atau karena situasi&kondisi tertentu sehingga kesulitan mengirim wakaf, mungkin juga dapat meminta orang yang sempat atau mampu memilihkan lalu mengirim wakaf itu kepada situs di atas yaitu:

pondokilmu7@gmail.com

  1. Jika  sangat terpaksa tetapi keinginan sangat kuat untuk ikut membuat wakaf, maka tulisan/gambar yang akan diwakafkan itu diketik dengan tulisan yang  baik dan  jelas (tidak ditulis tangan) diamplop dikirim melalui kantor pos kirim kepada:

Imam Muchlas, Jalan Jendral Sudirman 43, Tamanjenggala, Sidoarjo (Tlp.0318963843)

setelah kiriman diterima akan di-SKEN dimasukkan ke computer lalu ke situs dimaksud yaitu pondokquranhadis.wordpress.com

Moga-moga semua itu diterima Allah mendapat pahala akhirat pahala yang tidak ada hentinya karena wakaf yang tersimpan di internet itu berumur terlalu lama  Insya Allah kekal abadi selama-lamanya. Amin. Amin  ya Rabbal ‘Alamin.

……………………………………………………………………………

Di bawah ini contoh hasil pencarian sumber jawaban masalah yang ada di internet yang kita tanyakan lewat internet itu..

Kimi Ga Yo « 信じることが全て !

Although Kimi ga Yo has long been Japan’s de facto national anthem, it was only legally … OP: yes, u right :) i taken the preliminary info from Wiki… …
opiepippo.wordpress.com/2007/08/09/kimi-ga-yo/ – TembolokMirip

1.       Japan National Anthem

Source: http://japanese.about.com/library/weekly/aa030400.htm. KimigayoWikipedia, the free encyclopedia “Kimigayo” (君が代?) is Japan’s national anthem. …
blogger.kebumen.info/blogsearch/japan+national+anthem.shtml – TembolokReference for Kimi ga Yo – Search.com

– [ Terjemahkan laman ini ]

From Wikipedia, the free encyclopedia. (Redirected from Japanese national anthem). Jump to: navigation, search. Score of “Kimi ga Yo“. Kimi ga Yo (君が代,

H.imam.muchlas@gmail.com | Catetan Web | Pilihan ▼ | Meh metu

Pilihan Nduwek ku

Hide optionsShow options…

Asile 1 – 7 teko kiro-kiro 7 kanggo WaniNgalah. (0.22 detik)

Kasil Penggolekan

1.     Jagadsemar-situs kerokhanian Sapta Darma

27 Jan 2010 … Waningalah luhur wekasane. Berani bertindak untuk mengalah adalah sikap yang bijaksana, karena mengalah bukan suatu kekalahan, …
soero.wen.ru/ – Panggonan kanggo nyimpen data sing wis nate dibukak

2.     jagadmayapada

… katakanlah bahwa aku juga hamba dan ciptaaNYA. itulah watak satriyo utomo, Waningalah bakal luhur wekasane. Semoga Tuhan memberikan sinar kedamaian. ..                 .
jagadmayapada.blogspot.com/ – Panggonan kanggo nyimpen data sing wis nate dibukak

3.     jagadmayapada: 10/01/2008 – 11/01/2008

… katakanlah bahwa aku juga hamba dan ciptaaNYA. itulah watak satriyo utomo, Waningalah bakal luhur wekasane. Semoga Tuhan memberikan sinar kedamaian. .
jagadmayapada.blogspot.com/2008_10_01_archi… – Panggonan kanggo nyimpen data sing wis nate dibukak

4.     Pengaruh Islam dalam karya-karya R.Ng. Ranggawarsita – Google Books Result

Dhanu Priyo Prabowo – 2003 – Literary Criticism – 232 pages
… asor ‘rendah hati’, waningalah dhu- wur …
books.google.co.id/books?isbn=9799756480…

5.     WaniNgalah – Great Bio Energy – Kodana Global

Youtube Video: WaniNgalah. WaniNgalah. Email Share this video with your friend. Your Name: Your Email: Your Friend Email: Message: Verification: “HOTVideo” …
bioenergy.com-malaysia.info/…/WaniNgalah.html – Panggonan kanggo nyimpen data sing wis nate dibukak

6.     SMA AMKUR PEMANGKAT – BERITA

Atau meminjam ungkapan falsafah jawa, “Waningalah duwur wekasane” (Berani mengalah, namun akhirnya menang). DAFTAR KEPUSTAKAAN …
smaamkurpmk.webs.com/…/blog/ – Panggonan kanggo nyimpen data sing wis nate dibukak

  1. 7. [PDF]

R. Kwantes Ir. Soekarnos vier brieven In: Bijdragen tot de Taal …

Format File: PDF/Adobe Acrobat – View
Kokrosono and the ancient familiar saying “waningalah dulur weksane”. — he who has the courage to make concessions will turn the tables in his …
http://www.kitlv-journals.nl/index.php/btlv/article/view/2975/3736

Kanggo nduduhkake nang sampeyan kasil sing paling cocok, kula ilangi pirang pirang isi sing meh padha karo 7 sing sampun diduduhkake.
Nek sampeyan pengen, sampeyan saget mbaleni nggolekki nggango nglebokke kasil sing diilangi mau .

Sembunyikan opsiTampilkan opsi…

Urutan 2130 dari sekitar 39,600 hasil penelusuran untuk كن عالما او متعلما.‎ (0.19 detik)   Hasil Telusur

Hasil Telusur

1.     Universal Values > القيم الإنسانية المشتركة/العامة/العالمية

– [ Terjemahkan laman ini ]

7 pesan - 6 penulis - Pos terakhir: 16 Mar 2006

(KudoZ) English to Arabic translation of universal values: القيم الإنسانية المشتركة/العامة/العالمية [Religion].
http://www.proz.com › … › English to ArabicReligionTembolokMirip

2.     القيم العالمية والديمقراطية الإسلامية – منتديات اخبار مكتوب

– [ Terjemahkan laman ini ]

2 pesan - Pos terakhir: 9 Sep 2007

أنور إبراهيم: نائب رئيس وزراء ماليزيا السابق، وهو أستاذ زائر في جامعة جورج تاون في واشنطن العاصمة، والرئيس الفخري للمنظمة غير الحكومية …
news.maktoob.com/forum/news3887/ – Tembolok

3.     القيم العالمية والديمقراطية الإسلامية | قضايا – صحيفة الوسط …

– [ Terjemahkan laman ini ]

عند هذه اللحظة المحورية في التاريخ، وفي الوقت الذي يزداد فيه التباعد بين الشرق والغرب عن قضايا الحرية والعدالة، أجد نفسي أتذكر نشأتنا في ماليزيا ذات
http://www.alwasatnews.com/1639/news/read/218942/1.html – Bahrain – Tembolok

4.     مالك بن نبي » Blog Archive » الملتقى الدولي الأول حول القيم

– [ Terjemahkan laman ini ]

الملتقى الدولي الأول حول القيم العالمية في فكر ابن خلدون … أما الدكتور محمد مدهون من جامعة وهران فقد تحدث عن العالمية في فكر ابن خلدون وقد حاول أن يحشد http://www.binnabi.net/?p=203TembolokMirip

Membuka situs kita                                Teks dikirim melalui Email                               pondokquranhadis.wordpress.com ….. pondokilmu7@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: