Oleh: pondokquranhadis | Januari 4, 2011

NATAL,HUT,HARLAH,MILAD,HAUL

011(1)1                                                                 Tafsir Tematis Kontemporer

NATALAN

Hari Ulang Tahun

HARLAH-HARBANG-MILAD-HAUL

(Oleh Imam Muchlas)

S.59 Al-Hasyr 18-20

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ()وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ(()لَا يَسْتَوِي أَصْحَابُ النَّارِ وَأَصْحَابُ الْجَنَّةِ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمُ الْفَائِزُونَ (الحشر 18-20)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Tiada sama penghuni-penghuni neraka dengan penghuni-penghuni surga; penghuni-penghuni surga itulah orang-orang yang beruntung”(s.59 Al-Hasyr 18-20).

Tema dan sari tilawah

  1. 1. Orang beriman harus bertakwa jangan sampai berbuat salah jangan berbuat dosa kepada Allah.
  2. 2. Orang yang beriman harus pandai-pandai melihat kembali apa yang sudah dikerjakan pada masa yang lalu.
  3. 3. Orang yang beriman harus pandai membuat program perencanaan menghadapi waktu atau tahun yang akan datang.
  4. 4. Allah itu Maha awas terhadap apa yang diperbuat oleh manusia.
  5. 5. Orang yang beriman tidak boleh meniru orang-orang yang lupa kepada Allah  mereka itu adalah  orang yang fasik mereka    lupa diri.
  6. 6. Tidak sama penghuni  neraka dibanding penghuni surga, penghuni surga itu sangat berbahagia.

Masalah dan analisa jawaban

Masalah ke-1: Perbuatan apa saja yang harus ditinjau kembali itu? Jawaban sementara: Yang harus  ditinjau kembali ialah  perbuatan mana yang  salah jangan sampai terulang dan perbuatan yang mana benar mana yang harus ditekuni dan ditingkatkan.

Masalah ke-2: Perbuatan orang lain apa saja yang tidak boleh ditiru oleh orang yang beriman? Jawaban sementara: Perbuatan orang lain yang tidak boleh  ditiru ialah semua perbuatan yang bertentangan dengan  kebenaran dan  bertentangan dengan agama Allah.

Masalah ke-3: Bagaimana hukum  perbuatan melakukan upacara Natal 25 Desember dan Hari Ulang Tahun yang lainnya?

Jawaban sementara: Peringatan Natalan 25 Desember adalah hari ulang tahun kelahiran Dewa Matahari, ikut-ikutan merayakan hari kelahiran Dewa Matahari itu hukumnya HARAM. Adapun memperingati hari ulang tahun yang lainnya selama tidak melupakan Allah hukumnya mubah artinya boleh.

Pendalaman dan peneltian

BAB  SATU

Melihat masa lalu

Masalah ke-1: Perbuatan apa saja yang harus ditinjau kembali itu? Jawaban sementara: Yang harus  ditinjau kembali ialah  perbuatan mana yang  salah jangan sampai terulang dan perbuatan yang benar mana yang harus ditekuni dan ditingkatkan.

Tafsiran para ulama terhadap  ayat 18 surat 59 Al-Hasyr di atas  ialah bahwa kita manusia terutama yang beriman  wajib mempersiapkan diri mencari bekal  untuk   menghadap kepada Allah di hari kemudian. Mereka mengutarakannya dengan beberapa macam redaksi, seperti berikut:

@Tafsir Ibnu Katsir (8h77) mengartikan { وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ }

dengan mengutip hadis berikut:

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ ِ(رواه الترمذي 2383)

“Dari Syaddad bin Aus dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam beliau bersabda: “Orang yang cerdas adalah orang yang mempersiapkan dirinya dan beramal untuk hari setelah kematian, sedangkan orang yang bodoh adalah orang jiwanya mengikuti hawa nafsunya dan berangan angan kepada Allah.”( HR Turmudzi  no. 2383 dan Ibnu Majah  no.4250) .

@ Kitab tafsir Nazhmud Durar (8h452) mengartikan bunyi اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ tersebut ialah mencari bekal untuk hari kemudian apakah akan mendapat ridho Allah ataukah akan mendapat murka Allah  dilakukannya  dalam seluruh waktu  setiap hari semua kesempatan dan segala kemungkinan oleh orang yang berakal. Karena menurut penulis kitab  ini hari di dunia ini sama dengan satu hari, maka hari kemudian sama dengan hari besok.

@Tafsir Ath-Thabari (23h299) dalam masalah ini menyatakan bahwa Allah memperpendek hari kemudian menjadi seperti  besok pagi, kemarin di dunia sedangkan besok pagi di hari akhirat. Maka manusia harus menyiapkan diri menepati apa  yang diwajibkan Allah dan menjauhi  perbuatan durhaka yang dilarang oleh Allah.

@ Tafsir At-Tahrir wat-Tanwir (15h10) memaknai kalimat di atas ialah bahwa apa yang berlalu itu sebagai kemarin dan hari besok itu ialah semua yang  akan datang, kemarin itu ibarat  saat di rumah  dan besok itu ialah  saat  bepergian di perjalanan  senada dengan Al-Quran s2a110

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan”(S.2 Al-Baqarah 110).

@ Tafsir Al-Qaththan (3h321) mengartikan lafal “Li ghadin” atau   besok pagi tersebut di atas ialah semua apa yang akan datang.

Senada dengan  tafsiran para ulama tafsir tersebut maka dapat dispekulasikan makna kalimat “hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok”(Qs59a18) itu praktisnya ialah bahwa kita  semua harus selalu  mengamati catatan harian kita apa yang sudah dikerjakan dan apa yang belum dilakukan. Sebetulnya koreksi ini harus dilakukan setiap kesempatan kapan saja, tetapi  umumnya orang memperhitungkannya  dengan membaca  laporan satu tahun yang lalu kemudian merencanakan apa yang harus diraih  untuk tahun yang akan datang.

Untuk kantor dan perusahaan-perusahaan besar  mengamati  apa yang sudah dikerjakan  dan membayangkan apa yang akan  dikerjakan itu ialah membaca  laporan tahunan. Laporan tahunan yang baik akan memuat prediksi apa yang harus dikerjakan untuk waktu yang akan datang.

Dari warisan budaya Barat melalui pemerintahan kolonial Belanda maka tahun yang diberlakukan atas seluruh kegiatan  masyarakat Indoneia mempergunakan  kalender Masehi. Oleh karena itulah semua laporan tahunan dibuat  terhadap rentang waktu kalemder Masehi. Jadi  ayat Al-Quran s59a18-20 di atas dilaksanakan  untuk TUTUP TAHUN  tamggal 1 Januari sampai 31 Desember  untuk membuat program perencanaan menghadapi  tanggal 1 Januari sampai 31 Desember  tahun  berikutnya. Pada jaman Orde Lama  biasanya dibuat Repelita, Rencana Pembangunan Lima Tahun, tiap 5 tahun ditinjau kembali  untuk membuat Repelita  berikutnya.

Program jangka panjang dan jangka pendek

Dari sini kita bicarakan bagaimana caranya untuk membuat suatu program perencanaan  acara yang akan datang.  Idealnya  pembuatan  program perencanaan itu dibagi dua, jangka pendek dan jangka panjang. Lebih  tepat lagi  kita buat  mulai dari cita-cita, keinginan itu kita bagi  untuk jangka panjang menjadi jangka pendek sampai yang terpendek. Misalnya  12 tahun, maka 12 tahun ini kita bagi 2 menjadi 6 tahunan, kita bagi lagi  menjadi 3 tahunan, kita bagi terus menjadi satu tahunan, kita bagi menjadi semesteran setengah tahunan, terus menerus dibagi menjadi bulanan, mingguann harian, sampai menjadi pagi sore, jam-jamjaman lengkap dengan acara-acaranya.

Target keberhasilan

Disamping rencana jangka panjang dan jangka pendek ini masing-masing waktu harus disertai  dengan target. Target yaitu suatu buah atau hasil yang harus diusahakan bisa berhasil tidak mleset. Ikhtiar agar supaya target ini bisa berhasil atau maksimal, maka setiap terjadi  kegagalan harus segera ditambal dan apa yang kurang ditutup, sehingga  rencana itu tidak  meleset, lebih cepat nambal atau menutup kekosongan, kegagalan akan lebih mudah dan akan lebih berhasil menepati target yang diinginkan.

~Contoh kecil misalnya rencana  mengkhatamkan  membaca Alquran 30 juz, maka dibuat  acara    dalam jangka tertentu lalu dibagi 2, dibagi 2 lagi dibagi 2 sampai  harian, dari 30 juz dibagi-bagi terus, juz, nishfu, rubu; ruku’ sampai  ayat perayat.

KH. Yusuf Mansur di layar TV-TPI  mendorong kita semua membuat program rencana menghafal Al-Quran  6236 ayat dihafalkan satu hari satu ayat. Nashrun minallah wa fathun qarib, semoga  berhasil semua.

~Contoh lain umpamanya  kita bcita-cita cita-cita setelah lulus SLTA ingin menjadi  spesialis ahli dalam suatu cabang disiplin ilmu, maka  untuk mencapai S-1 selesai 4th, S-2 selesai 4 th, S-3  selesai 4 th dan seterusnya.

Jika terjadi kegagalan maka logis ilmiahnya ialah bahwa kegagalan itu terjadi karena ulah manusia bukan dari Allah, banyak contoh dalam banyak lahan kehidupan.

Jadi Allah memerintahkan kepada orang beriman supaya bertaqwa, artinya  berhati-hati jangan sampai gagal atau meleset, jangan berbuat salah kepada sesama makhluk  lebih-lebih berbuat salah kepada Allah (Dosa, durhaka, maksiat). Dengan kata lain harus berhati-hati  jangan sampai berbuat salah amenurut ukuran manusia sekaligus menurut Allah.

Oleh karena itu Allah memerintahkan 2 kali kepada orang yang beriman  dalam Al-Quran S.59 Al-Hasyr 18-20 itu sungguh benar-benar supaya kita mencatat  kesalahan dan dosa  kemudian   berlaku yang benar  menurut ukuran IPTEK maupun Imtaq, logis dan ilmiah.

Yang jelas  ialah bahwa semua rencana itu buatan manusia  sedangkan berhasil dan tidak itu ditetapkan oleh Allah melalui Hukum Alam artinya logis ilmiah. Dan  taqdir itu menurut sabda Rasulullah Saw dalam hadis riwayat Turmudzi no. 2065     taqdir itu bisa diubah melalui  do’a,  atau jika dibayangkan sifat Rahman Rahim Allah itu disisi suatu ujung maka ujung yang sebelahnya  adalah  do’a  kita, sehingga terjadi tarik menarik antara sifat Belas Kasih Allah  di ujung  pertama  lalu di ujung  ke dua ialah do’a kita memohon belas kasih Allah  lalu terjadi tarik tambang sama-sama  menarik mana yang lebih kuat itu terserah  kepada Rahmat Allah (Men proposes and God disposes).   Rasulullah Saw bersabda dalam sebuah hadis:

عَنْ سَلْمَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّرواه الترمذي 2065)

“Dari Salman dia berkata; Rasulullah Saw  bersabda: “Tidak ada yang dapat mencegah takdir kecuali do’a dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali amal kebajikan.” (HR. Turmudzi no. 2065).

BAB  DUA

Buang yang salah ambil yang benar

Masalah ke-2: Perbuatan orang lain apa saja yang tidak boleh ditiru oleh orang yang beriman? Jawaban sementara: Perbuatan orang lain yang tidak boleh  ditiru ialah semua perbuatan yang bertentangan dengan  kebenaran dan yang bertentangan dengan agama Allah.

Jika diteliti dengan cermat ternyata yang disebut benar itu bertingkat-tingkat, yaitu, benar tingkat rendah, tingkat menengah dan tingkat tingi.  Yang paling bawah kebenarannya dikalahkan oleh yang lebih tinggi, yang tinggi tidak dapat dikalahkan oleh yang bawah, yang paling tinggi  tidak mungkin dapat dikalahkan oleh yang ada di  bawahnya. Maka benar yang mutlak hanyalah ilmu Allah. Sebagian dari ilmu Allah itu ialah wahyu  salah satu dan terakhir  himpunan wahyu Allah itu ialah Al-Quran.

Lebih mendalam lagi usaha mencari yang benar itu harus diteliti melalui  metode berikut:

1) Jumlah  saksi.

Dilihat dari peringkat jumlah subyek (saksi) yang mengakui suatu kebenaran, maka suatu kebenaran yang hanya diakui oleh satu orang akan dikalahkan oleh kebenaran yang diakui oleh dua orang, yang diakui benarnya oleh satu pihak dikalahkan oleh kebenaran yang diakui oleh dua pihak, dan yang diakui oleh dua-tiga pihak   dikalahkan oleh kebenaran yang  diakui oleh semua pihak atau semua orang.

2) Faktor tempat

Kebenaran yang diakui di satu tempat dikalahkan oleh kebenaran  yang diakui oleh  seluruh tempat, kebenaran lokal dikalahkan oleh kebenaran yang diakui oleh kalangan yang lebih luas,  yang regional dikalahkan oleh yang nasional, yang nasional dikalahkan oleh  kebenaran yang diakui secara internasional seluruh  jagad.

3) Faktor waktu

Dari sisi waktu, maka kebenaran yang  diakui benarnya hanya sebentar akan dikalahkan oleh kebenaran yang diakui oleh manusia dalam waktu yang lebih lama, yang diakui orang hanya satu hari akan dikalahkan oleh kebenaran yang berlaku satu bulan, dikalahkan oleh pengkuan kebenaran yang diakui orang selama  satu tahun, atau satu abad, semua itu dikalahkan oleh kebenaran yang diakui benarnya selama satu jaman bahkan kebenaran yang diakui orang di seluruh jaman akan mengalahkan kebenaran yang hanya diakui benarnya hanya satu bagian waktu, yang abadi-universal mengalahkan kebenaran yang hanya sementara dan yang terakhir mengalahkan kebenaran yang lama.

Di samping  factor jumlah, tempat dan waktu maka kebenaran juga sangat ditentukan oleh sumber ilmu  dalam menemukan kebenaran, yaitu:

@ Faktor Sumber Kebenaran

Dari sisi sumber ilmu kebenaran dibagi menjadi 4 tingkat, yaitu:

Pengetahuan (knowledge) yang diperoleh hanya melalui panca indra saja akan dikalahkan oleh ilmu teori (sience) yang kebenarannya diperoleh dari sekian banyak percobaan dan eksperimen yang sudah diuji oleh ahlinya. Ilmu atau sience sendiri dikalahkan oleh ilmu filsafat yang diperoleh  dari pengetahuan-sience lalu direnungkan dengan teratur, sistimatis, radikal, universal. Fetapi ilmu filsafat ini dikalahkan oleh wahyu (ILmu Allah) yang sifatnya  serba mutlak, sebab pengetahuan, ilmu-sience dan filsafat itu produk  akal manusia yang spekulatip untung-untungan dan hepotetis sementara jika ada penemuan baru maka kebenarannya akan digantikan oleh kebenaran baru. Setiap  waktu semua perguruan tinggi melakukan ujian-ujian skripsi S-1, tesis S-2, disertasi S-3 sehingga hasil ujian yang baru mengalahkan hasil ujian yang sebelumnya. Maka kebenaran itu mutlak hanya ilmu Allah atau wahyu belaku universal atas siapa saja, dimanapun juga dan seluruh jaman dunia akhirat.

Ilmu manusia itu spekulatip-hipotetis

Ilmu mnusia itu sifatnya spekulatip- hipotetis  artinya untung-untungan dan benar sementara, sehingga kebenarannya pun untung-untungan dan relatip sementara, maka kesalahan itu menempel kepada akal manusia. Misalnya peristiwa-peristiwan dalam catatan berikut:

(1)  Tenggelamnya Kapal Titanic [Kerugian $150 Juta]

Kapal Titanic yang tenggelam mungkin kecelakaan yang paling terkenal di dunia. Tetapi baru-baru ini tercatat 10 kecelakaan yang paling mahal. Pada tanggal 15 April 1912, Titanic adalah kapal pelayaran pertama dan dianggap kapal paling mewah pernah dibangun. Lebih dari 1.500 orang kehilangan nyawa ketika kapal kapal ini menabrak sebuah gunung es dan tenggelam di dalam air dingin. Kapal tersebut dibuat dengan biaya sebesar $ 7 juta (sekitar $ 150 juta dolar jika dihitung saat ini). Kapal Titanic

(2)     Tabrakan Truk Tanker vs Jembatan [Kerugian $358 Juta]

Pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah truk tangki berisi 32.000 liter bahan bakar oleng di Jembatan Wiehltal di Jerman. Tangki menabrak pembatas jalan dan jatuh ke kedalaman 90 kaki menghasilkan sebuah ledakan besar beserta api, melebihi kemampuan jembatan dalam menahan beban. Biaya perbaikan yang diakibatkan oleh insiden ini adalah sekitar $ 40 juta dan biaya untuk mengganti jembatan diperkirakan pada $ 318 Juta Jembatan yang rusak akibat Truk Tanker

(3)    Metro-Link Crash [Kerugian $500 Juta]

Pada 12 September 2008, salah satu Kecelakaan yang terburuk di sepanjang sejarah California, 25 orang tewas ketika sebuah kereta api Metrolink mengalami kecelakaan dalam misi pengiriman kereta tersebut ke Uni Pasifik di Los Angeles. Diduga kereta Metrolink tetap melaju pada waktu ada sinyal merah untuk berhenti dikarenakan kondektur yang sedang sibuk pesan teks. Diperkirakan kecelakaan ini mengakibatkan kerugian sebesar $ 500 juta.Kerusakan yang ditimbulkan pada kecelakaan metrolink

(4)  B-2 Bomber Crash [Kerugian $1.4 Miliar]

Disinilah kecelakaan pertama yang bernilai miliaran dolar (menduduki peringkat ke-7 pada daftar). Sebuah pesawat B-2 stealth bomber mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Guam pada 23 Februari 2008. Penyelidik menemukan data penerbangan dalam komputer pengendali dan diketahui tenyata kecelakaan disebabkan oleh uap air pada system. Hal ini mengakibatkan pesawat tiba-tiba kehilangan kendali dan jatuh seketika itu juga. Kecelakaan ini adalah 1 dari 21 kecelakaan pesawat B-2 Bomber dan merupakan bagian yang paling mahal dalam sejarah penerbangan. Kedua pilot mampu menyelamatkan diri, kecelakaan terjadi sekitar pukul 2:00.Jatuhnya pesawat pengebom B-2 stealth

(5)  Exxon Valdez [Kerugian $2.5 Miliar]

Minyak Exxon Valdez yang tumpah jumlahnya tidak besar dalam kaitannya dengan dunia spills minyak terbesar, namun hal ini merupakan salah satu yang termahal karena lokasi yang jauh dan merupakan lokasi pribadi milik Pangeran William (hanya dapat diakses oleh helikopter dan kapal). Pada tanggal 24 Maret 1989, ada sebanyak 10,8 juta galon minyak yang telah tumpah dari kapal utama, menelan dana $ 2,5 miliar untuk total biaya pembersihan.Tumpahnya minyak Exxon Valdez

(6) Piper Alpha Oil Rig [Kerugian $3.4 Miliar]

Hari terburuk dalam sejarah minyak dunia. Pada saat itu Piper Alpha Oil merupakan produsen minyak terbesar di dunia karena dapat memproduksi 317.000 barel minyak perharinya. Pada 6 Juli 1988, sebagai bagian dari perawatan rutin, teknisi memeriksa katup, memastikan lebih dari 100 katup benar-benar dalam kondisi baik. Sayangnya, teknisi melakukan kesalahan dan lupa untuk mengganti salah satu dari mereka. Pada pukul 10 malam di hari yang sama, seorang teknisi mulai menekan tombol untuk menggerakkan pompa cair dan gas paling mahal di dunia, dan sekaligus memulai kecelakaan mengerikan itu.Piper alpha oil rig yang terbakar

Dalam waktu kurang dari 2 jam, api menyambar lebih dari 300 kaki jauhnya, merobohkan seluruh isi bangunan menewaskan 167 pekerja dan mengakibatkan kerugian $ 3,4 Miliar.

(7) Ledakan Pesawat Ulang-alik Challenger [Kerugian $5.5 M

Pesawat ulang-alik Challenger telah hancur 73 detik setelah takeoff pada tanggal 28 Januari 1986 karena adanya cacat O-ring. Ia gagal menutup salah satu sendi, yang memungkinkan adanya tekanan udara luar di gas. menyebabkan tangki eksternal untuk hidrogen cair meluap yang menyebabkan ledakan besar. Biaya penggantian pesawat ini adalah sebesar $ 2 miliar pada tahun 1986 ($ 4,5 miliar dolar di hari ini). Biaya penyidikan, masalah koreksi, dan penggantian peralatan yang hilang biaya $ 450 juta 1986-1987 ($ 1 Milyar pada hari ini) padahal  terlalu banyak pakar arsitek, perancang  dan spesialis ahli yang telah ikut berperan dalam pembuatan pesawat  ini. Pada tanggal 28 Januari 1986 pesawat Challenger meledak 73 detik setelah lepas landas di stasiun peluncuran pesawat Ulang Alik di Cape Canaveral, Florida, USA dan menewaskan ketujuh awak termasuk ibu Guru Christa McAuliffe.
Ledakan pesawat ulang-alik Chalenger

(8) Prestige Oil Spill [Kerugian $12 Miliar]

Pada tanggal 13 November 2002, Kapal Tanker minyak yang membawa 77.000 ton bahan bakar minyak, salah satu dari dua belas tanker tenggelam saat badai di Galicia, Spanyol. Takut kapalnya akan tenggelam, kapten meminta bantuan untuk menyelamatkan pekerja ke Spanyol, mengharapkan mereka mengirim kapal untuk membawa perkerja ke pelabuhan. Namun, tekanan dari pihak yang berwenang memaksa kapten untuk membawa kapal jauh dari pantai. Kapten juga mencoba untuk mendapatkan bantuan dari Perancis dan Portugis, tetapi mereka juga memerintahkan kapal untuk menjauh dari pantai. Badai yang akhirnya membawa kapal ke dasar lautan, dan melepaskannya 20 juta galon minyak ke laut.Tenggelamnya kapal tanker Prestige oil spill

Menurut laporan oleh Dewan Pontevedra Economist, total biaya pembersihan adalah sebesar $ 12 miliar.

(9)  Ledakan Pesawat Ulang-alik Columbia [Kerugian $13 Miliar]

Pesawat ulang-alik Columbia adalah armada pertama shuttle NASA. Ia hancur saat masuk kembali melalui Texas pada tanggal Februari 2003 setelah terjadi kerusakan pada sayap menghasikan lubang yang tidak di perbaiki selama 16 hari sebelumnya. Biaya pembuatan pesawat ini adalah sebesar $ 2 Miliar pada tahun 1978 ($ 6,3 Miliar dolar di hari ini). $ 500 juta telah dikeluarkan pada waktu penyelidikan, menjadikannya sebagai penyelidikan kecelakaan pesawat termhal dalam sejarah. Pencarian dan pemulihan puing menelan biaya $ 300 juta. Pada akhirnya, total biaya kecelakaan (tidak termasuk penggantian pesawat)mencapai $13 Miliar  menurut American Institute of aero-nautika dan Astronautics. Terganbar disana pesawat ulang-alik Columbia sesaat setelah peluncuran dan sisa-sisa ledakan pesawat ulang-alik Columbia.

Sepanjang sejarah, Columbia telah melakukan 28 penerbangan, menghabiskan masa selama 300,74 hari di luar angkasa, menyelesaikan 4.808 orbit, dan terbang sejauh 201.497.772 km sebelum akhirnya meledak di udara tanggal 1 Februari 2003 dalam perjalanan pulang setelah melakukan misi orbitnya.

Pada tahun 1992 pesawat Ulang Alik Endeavour menggantikan pesawat Columbia.      Sedangkan Hingga Juli 2005, pesawat Discovery telah mengadakan 31 penerbangan, menghabiskan 241,95 hari di angkasa, menyelesaikan 3.808 orbit dan terbang sejauh 158.859.429 km.                                 .
Pesawat ulang alik (nama resminya: Space Transportation System atau STS yang lebih populer dengan nama NASA’s Space Shuttle atau Space Shuttle merupakan pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat yang  digunakan dalam misi penerbangan luar angkasa berawak.

(10)   Chernobyl [Kerugian $200 Miliar]

Pada tanggal 26 April 1986, dunia menyaksikan kecelakaan termahal dalam sejarah. Chernobyl bencana yang telah disebut terbesar sosial-ekonomi malapetaka sejarah di masa itu. 50% dari luas wilayah Ukraina merasakan dampaknya. Lebih dari 200.000 orang terpaksa diungsikan ke tempat tinggal sementara, 1,7 juta orang yang secara langsung terkena dampak bencana. Kematian dikaitkan dengan Chernobyl, termasuk orang-orang yang mati karena kanker pada beberapa tahun kemudian, diperkirakan pada 125.000. Total biaya termasuk pembersihan, transmigrasi, dan kompensasi kepada para korban diperkirakan telah menjadi sekitar $ 200 Miliar. Biaya pembuatan wadah penanaman nuklir Chernobyl yang terbuat dari baja hanya $ 2 miliar saja, tidak sesuai standar. Kecelakaan secara resmi dikaitkan dengan adanya kesalahan operasional yang melanggar prosedur dan standar yang diperlukan untuk syarat keselamatan.

NASA telah mengumumkan untuk memberhentikan armada pesawat luar angkasanya pada tahun 2010 dan akan menggantinya dengan Orion, pesawat baru yang dirancang dapat mengangkut manusia menuju bulan dan bahkan objek angkasa yang lebih jauh lagi.                             .

Yang jelas pengetahuan, teori dan filsafat produk  akal manusia semua  dikalahkan oleh ilmu Tuhan yang Maha Sempurna, kekal-abadi selama-lamanya, sebagian dari padanya  berwujud wahyu yang diberikan kepada para nabi dan rasul. Himpunan wahyu Allah terakhir ialah Al-Quran.

Al-Quran menyatakan bahwa ilmu Allah itu tidak terkalahkan oleh ilmu apa dan siapapun juga termaktub  dalam S.42 Asy-syura 11,  S.112 Al-Ikhlash 1-4, S.57 Al-hadid 3, S.21 Al-Anbiya` 22, S.6 Al-an’am 102-103.

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ(الشوري11)

Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat”(S.42 Asy-Syura 11)

Para pakar menyatakan bahwa Allah telah menciptakan Ilmu Hukum Alam yang dilaksanakan dengan penuh ketaatan  oleh benda-benda langit dan seluruh makhluk. Khusus  makhluk benda-benda angkasa semua bersyukur dan bertasbih dengan cara mentaati sangat ketat sekali angka, ukuran gerak, kecepatan, rel atau lintasan jalan benda-benda langit dan jurusannya, tempat kedudukan setiap detik. Demikian juga reaksi perubahan dalam Ilmu Kimia, Botani, Biologi, Astronomi, Kosmologi, Ekonomi, Sosiologi, Ilmu Fisika-Nuklir, Ilmu Metodolgi Research dan semua Hukum Alam (Sunnatullah) ilmu eksakta dan humaniora tepat sekali tidak terjadi kekacauan tidak terjadi kekisruhan, tetapi sangat eksak, tepat, persis luar biasa angka masing-masing isi langit dan bumi  itu seluruhnya menjalani hukum-hukum ilmu tersebut  masing-masing ini bahkan sudah berlangsung  dan terbukti  contoh kecil misalnya gerhana  matahari total, berbagai macam jenis gerhana bulan seluruhnya  terlaksana dengan tepat waktu, wujud, reaksi apapun hukum-hukum dalam IPTEK itu dan sudah  berlangsung selama 18-25 miliyar tahun.

Para ulama tafsir menyatakan  bahwa makhluk benda-benda langit dan isi bumi itu mengucapkan tasbih kepada Allah dengan caranya masing-masing :

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ (النور 41)

Artinya: “Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan”(s.24 An-Nur 41)

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا (الاسراء 44)

Artinya: “Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun”(S.17 Al-Isra` 44).

Singkatnya ialah kita harus  sngguh-sungguh berpegang  teguh kepada kebenaran dan kebajikan serta menjauhi  yang salah maupun  sifat-sifat jelek.

BAB  TIGA

Natalan, HUT, Harlah, Haul

Masalah ke-3: Bagaimana hukum  melakukan upacara Natal 25 Desember dan Hari Ulang Tahun yang lainnya?

Jawaban sementara: Peringatan Natalan 25 Desember adalah hari ulang tahun kelahiran Dewa Matahari, hukumnya HARAM. Adapun memperingati hari ulang tahun yang lainnya selama tidak melupakan Allah hukumnya mubah artinya boleh.

Ada  3 masalah  pembahasan tentang  bab tiga ini, yaitu:

1) Masalah    Hari Natal

2) Kalender  tahun Masehi

3) Meyelenggarakan  Natalan, HUT, Harlah,Harbang dan Haul.

Ad 1. Hari Natal

Pada tg. 20 Mei 325 M  untuk pertama kalinya telah diselenggarakan suatu  konsili pertemuan  para uskup yang mengaku menjadi pengikut agama Nabi ‘Isa. Pertemuan ini diminta oleh Kaisar Kostantin Raja  Romawi. Menurut sumber kaum Nasrani bahwa  yang hadir dalam konsili ini  ada 318 imam gereja. Sidang dibuka oleh  Kaisar Kostantin kemudian olehnya pimpinan diserahkan kepada  uskup  Cordoba yang mengantar Kaisar dari Roma.  Dalam sidang ini ada dua usulan:

I. Arius yang menentang  faham bahwa Yesus itu Tuhan Anak, tetapi yang benar itu bahwa Yesus itu adalah manusia yang dimuliakan oleh Tuhan. Pendapat ni ditolak oleh faham kedua.

II. Athanasius megajukan  konsep kepada sidang bahwa Yesus adalah Tuhan dan ketika bayi Yesus itu lahir maka Inilah Tuhan sendiri yang datang.  Setelah ditambahkan kata-kata homoousios di dalamnya, maka pengakuan iman ini diterima oleh konsili sebagai pengakuan iman yang sah Homoousios artinya :Allah sejati dari Allah sejati, yang diperanakkan, bukan dijadikan, dan sehakikat dengan Bapa. Pengakuan ini ditanda-tangani oleh semua uskup yang hadir kecuali dua orang uskup, yaitu Theonas dari Marmanika dan Sekondus, uskup Ptolemais. Keduanya dipecat dan diusir oleh konsili(http://www.newadvent.org).           .

Menurut  catatan  Prof.DR. A. Shalaby dalam kitabnya Al-Muhadharat fin Nashraniyah maka jumlah yang hadir dalam konsili ini adalah 2118  imam gereja, tetapi Kaisar Kostantin memilih  pendapat ke-II bahwa Yesus adalah Tuhan Anak.  Sebaliknya Jemaat sebanyak 1800 uskup/imam gereja yang memihak kepada faham ke-I  dari Arius dibubarkan dan diusir.

@ Tanggal kelahiran Yesus & kalender Masehi

Kaum Nasrani tidak pernah merayakan hari kelahiran Yesus sampai tahun 336 M. Hari kelahiran Yesus mulai dirayakan setelah kaisar Romawi yang bernama Konstantin (285-337M) menyatakan diri masuk agama Kristen. Karena sudah menjadi Hukum Adat Romawi bahwa  setiap tg. 25 Desember penduduk warga kerajaan Romawi merayakan pesta besar yang disebut  Dies natalis solis invictus (artinya:hari kelahiran dewa matahari yang tak terkalahkan). Keputusan untuk menjadikan tg. 25 Desember menjadi hari raya kelahiran  Yesus ini dimaksudkan agar orang-orang Romawi dapat menganut agama Kristen tanpa meninggalkan tradisi mereka sendiri, Paus Julius I memutuskan pada tahun 350 bahwa kelahiran Yesus diperingati pada tanggal 25 Deseber. di kota Roma (Lih.Worldwide Church of God, 1985 “The Plain Truth About Christmas”).

Sumber lain mengatakan bahwa hari Natal ditetapkan jatuh pada tanggal 25 Desember pada abad ke 4 oleh kaisar Kristen pertama Romawi, Konstantin I. Tanggal 25 Desember tersebut dipilih sebagai Natal karena bertepatan dengan hari kelahiran Dewa Matahari yang disembah oleh bangsa Romawi. Perayaan Saturnalia ini selalu dirayakan oleh bangsa  Romawi sejak dahulu. Tetapi ketetapan ini ditolak oleh gereja-gereja di Yerusalem sampai abad 6 (Lih.Wagner, C. 1995 “Bridges for Peace”).

Perayaan Natal baru timbul tahun 350 Masehi; Menurut Ensiklopedia Britanica  (5h642) Yesus itu dilahirkan di dalam musim pergeseran matahari ke musim dingin. Tercatat di Ensiklopedia  Britanika ini juga bahwa tg.25 Desember itu adalah  hari Raya Dewa Matahari.

Dari Injil Lukas 1:35 diduga Yesus dilahirkan pada akhir bulan September atau awal Oktober sesuai dengan hari Raya Yahudi Tabernakel (Lih.Honorof, R.A., 1997, “The Return of the Messiah”).Ini berarti menurut ketentuan Taurat tanggal kelahiran Yesus Kristus jatuh pada tanggal 18 Oktober.

~ Menurut Matius kelahiran N.Isa itu sekitar jaman meninggalnya  Herodes  tahun 7 SM.

~  Gereja Yunani sampai tahun 530M mempercayai hari natal itu tanggal 7  Desember

~ Gereja Mesir   pada abad ke-iii mempercayai tanggal 6 Januari sebagai hari kelahiran Yesus sama dengan kelahiran   Dewa Hellenistis

~ Gereja Yunani sampai tahun 530M mempercayai  bahwa hari natal itu tanggal 7  Januari.

~ Clemen Iskandariya menyatakan bahwa kerlahiran Yesus ialah  tgl.20 Mei

@ Nabi Isa menurut kepercayaan Islam adalah sebagai berikut:

Proses kelahiran N.Isa: Nabi Isa diciptakan Tuhan dari dalam kandungan Dewi Maryam melalui firman Takwiniyah “KUN” (Al-Quran s19a18-20; s3a47; s19a23; 27-28; s3a45-48; a19a21-30; s21a91; s4a171; s3a59;s15a29)..

~ Al-Quran menyebutkan dengan samar-samar hari kelahiran N.Isa itu pada musim panen anggur di Palestina, diduga terjadi pada buan Agustus. Ini lebih dekat dengan  pasal-pasal Injil Lukas 1:35 yang mengatakan bahwa kelahiran ‘Isa itu di bulan September. Allah berfirman dalam Al-Quran:

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا(25) (مريم 25)

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu”(S19 Maryam 25).

Menurut para peneliti maka musim panen kurma di Palestina tempat Maryam melahrikan  anak bayi ‘Isa itu sekitar  bulan Agustus. Ini lebih dekat dengan   Injil Lukas 1:35 di atas.

Ad 2 Hitungan kalender  Masehi

Tahun kalender Masehi diciptakan pada abad ke-6 oleh seorang biarawan yang bernama Dionysius Exignus. Dia seorang biarawan mengambil data dari Lukas 2:1-2. Perlu diingat bahwa tgl. kelahiran Tuhan Yesus tidak tercantum di dalam Alkitab (Bibel) apakah tg.7 Januari, apa 20 Mei, atau 18 Oktober, apakah 25 Desember, apakah Nabi Isa dilahirkan 4 tahun sebelum tahun ke 1 Masehi yaitu jamannya Herodes (Injil Mateus 2:1)  tahun  ke: 6-7  Masehi  ataukah beliau lahir jaman pemilu Kirenius .

Kaum Katholik dan Protestan menyatakan  bahwa Natal 25 Desember tetapi Gereja Ortodox menetapkan tg.7 Januari. Injil Lukas (8/2)  mencatat bahwa saat itu musim dingin hujan salju di Palestina, tidak dijelaskan  tahun keberapanya.Perayaan Natal baru timbul tahun 340 Masehi.

@ Perhitungan kalender bangsa-bangsa di dunia

Manusia  dalam menghitung waktu ada yang menggunakan  sitem Qamariyah ada yang menggunakan  system Syamsiyah. Artinya  bahwa alat untuk menghitung kalender tahunan  ada yang menggunakan sistem jalannya rembulan maka dinamakan kalender Qamariyah atau  Lunar. Sebagian lain mengambil system jalannya matahari menjadi alat untuk menghitung kalender tahun mereka  maka dinamakan kalender Syamsiyah atau Solar.

I. Kalender Lunar-Qamariyah-sistem jalannya Rembulan

a-Bangsa yang pertamakali membuat kalender ialah  bangsa Mesir 4240 tahun Sebelum Masehi.

b-Disusul oleh bangsa Babilonia beberapa masa sesudah bangsa Mesir, yaitu  sekitar  tahun 2100  Sebelum Masehi.

c-Lalu bangsa Semit bangsa-bangsa di Timur Tengah, b.Arab, b.Yahudi, dsb

d-Kemudian disusul lagi oleh bangsa Romawi, jaman Pompilius  673 SM

e. Umar ibnul Khaththab tahun 17 H.menetapkan tahun Hijriyah dimulai tahun sewaktu hijrah Nabi Saw dari Makkah ke Madinah sebagai tahun pertama Hijriyah.

f. Sultan Agung Mataram mengganti tahun Jawa yang Syamsiyah diganti  dengan hitungan kalender Qamariyah satu bulan 354h+3per8h,satu windu =28365h.

Semua bangsa-bangsa di atas menghitung kalender mereka berdasarkan system jalannya rembulan (Qamariyah), Kini tercatat bahwa satu bulan Qamariyah berumur 29hari 12jam 44menit 2,89detik, -Satu tahun umurnya 354hari 8jam 8menit 34,6detik.

II. Kalender Solar-Syamsiyah-hitungan Matahari

1. Julius Caesar dari Romawi  pada tahun 46SM mengganti kalender sistem Lunar-Qamariyah berdasarkan hitungan Rembulan dibuang diganti dengan sistem Solar-Syamsiyah-berdasarkan hitungan jalannya Matahari. Tanggal satu  dihitung mulai jam 24.oo. Kini tercatat bahwa Satu tahun 365,2425hari atau 365hari 5jam48menit 46detik.selisih dari sistem Solar dari Lunar=10hari 21jam 40menit 11,32detik.

  1. 2. Ajisoko membuat kalender Jawa dengan sistem Solar-Syamsiyah berdasarkan perhitungan jalannya Matahari dimulai  tahun 78Masehi. Kemudian diubah oleh Sultan Agung Mataram th.1633M=1003H.
  2. 3. Bangsa Yunani mengubah permulaaan bulan dari titik Aries  bulan Maret menjadi  ketika matahari di Khatulistiwak Januari sampai Desember.
  3. 4. Paus Gregorius mengubah tanggal 5 Oktober 1582 menjadi tanggal 15 Oktober 1582, sebab orang lama keliru menghitung, ada 0,0025hari tiap tahun belum dihitung, sehingga setiap 400 tahun tanggalan harus ditambah 3 hari.

Angka tanggalan Greorius ini dikuti oleh Bangsa Belanda th,1583M, Swedia 1753M, Jepang 1873M,Cina 1912M dan Turki 1927M.

.5. Orang-orang Arab Jahiliyah  mengubah   dan merekayasa bulan Muharram  dengan bulan yang lain, sehingga dalam bulan Muharram mereka bebas berbuat zalim melanggar Hukum Allah, menghalalkan apa yang diharamkan oleh Allah dan mengharamkan yang dihalalkan oleh Allah. Allah menetapkan bahwa mereka ini sudah kafir bertambah lebih kafir lagi, termaktub dalam Al-Quran S.9 At-Taubat 36-37.

Jadi angka perhitungan Paus Gregorius tanggal 5 Oktober 1582 diganti dengan tanggal 15 Oktober1582 ini  tidak berlaku terhadap masyarakat Belanda sekitar satu tahun, tidak berlaku ats masyarakat Swedia sekitar 171 tahun, tidak berlaku terhadap masyarakat Jepang selama 291 tahun, tidak berlaku atas masyarakat Cina selama 330 tahun, tidak berlaku atas masyarakat Turki selama 345 tahun. Selama itu mereka tidak suka kepada perubahan tanggal Gregorius  tersebut. Tetapi sekarang hampir seluruh dunia masyarakat dunia menggunakan kalender hasil perhitungan koreksi dari Gregorius tersebut.

Ad 3. Membuat Natalan, HUT, Harlah,Milah, Haul

Pandangan terhadap peringatan Natal, Hari Ulang Tahun, Milad dan Haul.

1. Kata-kata Natal itu berasal dari bahasa Portugis yang berarti “kelahiran”yaitu hari raya umat Kristen. Setiap tahun umat Nasrani merayakan Natal pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus.

Padahal  sebenarnya kelahiran Yesus Kristus bukan jatuh pada tanggal 25 Desember. Natal merupakan hari raya baru yang diadopsi dari tradisi Romawi, sebagai perayaan dies natalis solis invictus (hari kelahiran dewa matahari yang tak terkalahkan).

Natalan atau merayakan 25 Desember sebagai hari lahir Yesus hukumnya haram atas umat Islam, sebab tanggal 25 Desember itu bukan hari kelahiran Yesus tetapi  Hari Lahir Dewa Matahari berasal dari kepercayaan bangsa Romawi dan bangsa-bangsa jaman dahulu kala.  Ada sebagian ulama yang membolehkan  memperingati  hari Natal jika niatnya hanya untuk basa basi  menjaga tali hubungan  orang Islam dengan kaum Nasrani.

Peringatan hari kelahiran Yesus ini tidak pernah menjadi perintah Yesus Kristus untuk dilakukan. Maka dari itu, ada beberapa aliran Kristen yang tidak merayakan tradisi Natal ini, yaitu aliran (1) Gereja Yesus Sejati, (2) Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Seventh Day Baptist (Gereja Baptis Hari Ketujuh), (3) Saksi-Saksi Yehova, (4) United Church of God (Perserikatan Gereja Tuhan), (5) Messianic Judaism (Yahudi Mesianik), (6) Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (Unitarian Indonesian Church).

Celakanya ialah bahwa  penetapan kalender hari, tanggal, bulan dan tahun itu  ditetapkan oleh manusia berdasarkan hukum adat  nenek moyang, sedangkan nenek moyang itu sendiri adalah seseorang atau suatu masyarakat  dari jaman purba yang  masih bersahaja. Dan ternyata penetapan kalender masing-masing bangsa itu saling berbeda bahkan ada yang berubah-ubah,seperti yang dilakukan oleh Yulius Cesar (46SM), Orang Yunani, Gregorius (1582M), Sultan Agung (1633M)dan Bangsa Arab jaman Jahiliyah, beberapa masa sebelum Kebabian Rasulullah Saw.

2. Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT), Harlah,Milad, Haul

H.U.T ialah Hari Ulang Tahun, Harlah ialah Hari Lahir, Milad  artinya Hari Lahir, Haul ialah Hari  umur satu Tahun.

Memperingati hari ulang tahun mencakup Harlah, Milad  dan Haul hukumnya mubah, selama  tidak bertentangan dengan  nilai-nilai kebenaran dan hukum syari’at Islam.

~ Tidak bertentangan dengan kebenaran artinya tidak dinilai salah oleh Aturan Hukum IPTEK; hukum  buatan manusia, mencakup Hukum Tertulis Hukum tidak Tertulis.  Hukum yang tertulis ialah  UUD, Undang-undang. Hukum tidaktertulis ialah Hukum Adat, Hukum Moral.

~Tidak bertentangan dengan syari’at Islam ialah tidak  dinilai salah oleh ketentuan  dalam Rukun Iman, Rukun Islam dan Al-Akhlaqul Karimah singkatnya tidak bertentangan dengan Quran dan Hadis, jadi tidak ada maksiat, kemungkaran, molimo dll.

Lebih mendalam lagi  berikut kita kutip catatan dalam beberapa kitab filsfat hukum Islam (Kitab Ushul Fiqh), diantaranya ialah:

Kitab-kitab  Ushul-Fiqh tentang metode penentuan hukum yang  dapat difaham  dalam hal ini sebagai  hukum ”mubah”  atas masalah  bolehnya sesuatu yang dalilnya sulit diperoleh di dalam nash Al-Quran dan hadis atau ada tetapi tidak tegas, misalnya seperti memperingati HUT, Harlah, Milad dan yang senada dengannya :

@  As-Sarakhsi dalam Kitab Ushul Fiqh-nya (2h20) dengan menukil ALQURAN s16 An-Nahl 89, S.6 Al-An’am 59, s.6 Al-A’am 145 an S.2 Al-Baaqarah 29 menyatakan  bahwa   bilamana ketentuan   di dalam Al-Quran tidak tegas atsau tidak ada isyarat  di sana  maka dapat diterapkan asas dasar bahwa pada dasarnya  segala sesuatu itu mubah :

الاباحة في الاشياء أصل، ( pada dasarnya  segala sesuatu itu mubah).

@ Kitab Al-Baruq fi Anwa’il furuq (2h368) menyatakan bahwa pada dasarnya sesuatu yang bermanfaat itu hukumnya mubah berpegang kepada dalil:Qs2a29; s7a32; s5a4; dan hadis riwayat Ibnu Majah no.2331. Dengan catatan bahwa hufuf Lam-Lakum dalam Qs2a29 memberi makna bahwa yang bermanfaat itu dibolehkan secara syar’i.  Dan lafal Az-Zinatu dalam Al-Quran s7a32 memberi makna sesuatu yang  diambil manfaatnya maka hukumnya mubah artinya boleh; Lalu lafal Ath-Thayyibat dalam s5a4 memberi makna bahwa sesuatu yang baik yang bermanfaat secara alami-natural itu  hukumnya mubah atau boleh. Sedangkan hadis riwayat  Ibnu Majah no.2331 menyatakan bahwa sesuatu yang menimbulkan madharat atau kesengsaraan hukumnya haram/terlarang. Firman Allah dan hadis Nabi Saw dimaksud ialah:

{ خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا =البقرة 29}

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu””(S.2 Al-Baqarah 2)

{ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ =الاعراف 32}

“Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya”(S.7 Al- A’raf 32)

{ أُحِلَّ لَكُمْ الطَّيِّبَاتُ=المائدة 4 }

“Dihalalkan bagimu yang baik-baik “(S.5 Al-Maidah 4)..

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَضَى أَنْ لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ (رواه ابن ماجه 2331 واحمد 21714)

“Dari Ubadah bin Ash Shamith berkata, “Rasulullah Saw memutuskan bahwa tidak boleh berbuat madlarat dan hal yang menimbulkan madlarat.”(HR Ibnu Majah 2331)Madharat ialah sesuatu yang membikin susah dan penderitaan siapa saja.

Maka para pengurus organiasi  atau lembaga negeri dan swasta, dan   perseorangan  termasuk  para ulama pengurus organisasi Islam ikut membuat peringatan HUT-Hari Ulang Tahun, Harlah-Hari Lahir, Milad.

Bagi kaum muslimin diharap agar supaya tidak meniru dan tidak ikut-ikutan  dengan faham orang lain dalam membuat Natalan, HUT, Harlah Milad ini. Untuk orang Islam akan lebih tepat berdasarkan Al-Quran, yaitu bahwa menurut Muhammad ‘Abduh, semua amalan ibadah, hitungan nikah talak rujuk dan yang seperti ini harus didasarkan pada kalender Hijtiyah difahamkan dari Al-Quran S.9 At-Taubat 36, bahwa  hitungan kalender itu sudah ditetapkan Allah  sejak penciptaan alam semesta dahulu:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ (التوبة 36)

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan-bulan  itu”(S.9 At-Taubat 36).

Wallahu a’lam bish-shawb

Silahkan buka internet situs : https://pondokquranhadis.wordpress.com

Kirimkan naskah ke Email:pondokilmu7@gmail.com-Tlp:0318963843


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: